oleh

Puskesmas Sekarjaya Lakukan Fogging di RT.24 Kelurahan Sekarjaya 

CIA.NEWS, Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu UPTD Puskesmas Sekarjaya bersama Lintas Sektor yaitu Lurah Sekarjaya , Arnando Yugantara,Ketua RT.24 Kelurahan Sekarjaya Kabupaten OKU melaksanakan fogging Selasa (16/1/24).

 

Kegiatan fogging ini dilakukan untuk menekan penyebaran nyamuk Âedes aegypti penyebab penyakit demam berdarah dengue (DBD) terutama di lingkungan RT.24 Kelurahan Sekarjaya. Dari data laporan Rt 24 Melalu Kelurahan sekarjaya.

 

Menurut Kepala UPTD Puskesmas Sekarjaya Siti Nurjanah,S,ST,.M.KM, DBD adalah penyakit menular yang masih menjadi masalah kesehatan masyarakat, ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti yang telah menggigit penderita DBD.

Baca Juga :   Porprov 2021.OKU Siapkan Atlit Dari Cabang Panahan

 

Penyakit ini dapat menyerang semua usia yang dapat berakibat fatal bila tidak segera ditangani secara cepat, tepat, akurat dan benar. Selain kecepatan diagnosa penyakit dan pemberian pengobatan yang tepat, keberhasilan penanganan penyakit ini sangat tergantung pada pencegahan penularan dengan menjaga kebersihan lingkungan terutama dengan menghilangkan tepat perindukan nyamuk Aedes aegypti. Kata titik

 

Titik juga menyampaikan kepada Ketua RT 24 agar ” ajak masyarakat setempat agar selalu melakukan gontong royong dan bersih bersih, seperti jum’at bersih tujuanya, supaya menghindari terkenanya penyakit yang di tularkan oleh nyamuk” ujar dia

Baca Juga :   Seorang Kurir Sabu Asal Baturaja Sumatera Selatan Berhasil di Amankan Sat Resnarkoba Polres OKU

 

Kemudian Kasubag Kepegawaian Puskesmas Sekarjaya Ansori juga menyampaikan bahwa pogging ini sebenarnya tidak membunuh nyamuk. Melainkan hanya mengusir nyamuk, untuk membunuh jentik jentik nyamuk ini kita menggunakan bubuk Abate yang sekarang kita bagikan pada saat ini.

 

Setelah itu bubuk abate di serahkan langsung oleh Kepala Puskesmas Sekar jaya dan Kasubag Kepegawaian, Lurah Sekar Jaya.

Sementara ketua Rt 24 Sekar jaya Supriono mengatakan kepada media ini bahwa di bulan Desember kemaren di rt 24 ini ada anak yang terkena penyakit demam di akibatkan penularan dari yamuk sehingga kami memintak kepada lurah untuk di lakukan pogging di daerah kami melalui puskesmas sekarjaya

Baca Juga :   PT Minanga Ogan Serobat Tanah Warga Seluas 12,66 Hektar

 

Kemudian Rasa terima kasih di ucapkan oleh Lurah Sekarjaya Arnando Yugantara. Karna pogging ini telah selesai dilakukan walaupun dia sedikit telat untuk datang ketempat pogging tersebut (one).

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Komentar