oleh

Proyek Siluman di Kecamatan Negara Batin. Way kanan.

Way kanan, C – I – A, News,  –Sabtu 28/11/2020. Diitemukan Lagi Proyek Siluman alias tidak bertuan di ruas jalan di Kecamatan Negara Batin. Kali ini proyek pemeliharaan jalan yang tidak memiliki plang proyek juga berada di Ruas Jalan Serupa Indah – Tajab, tepatnya antara Kampung Setiya Negara dan Kampung Negara Batin, Kecamatan Negara Batin.

Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Patriot Indonesia (LSM PI) Way Kanan, Sarnubi, yang turun kelapangan, Jumat (27/11) mengatakan, hasil investigasinya ternyata pada Ruas Jalan Serupa Indah – Tajab, ditemukan lagi kegiatan proyek pemeliharaan jalan yang tidak memiliki plang proyek sebagaama lazimnya sebuah kegiatan proyek.

Baca Juga :   Ini Dia Hubungan Partai Garuda dengan Gerindra

Sarnubi menduga, selain dari pihak-pihak yang mengerjakannya enggan memasang plang proyek agar masyarakat tidak memantau kegiatan tersebut, tetapi lemahnya dari sisi pengawasan dari pihak-pihak yang terlibat bahkan dia juga menduga terjadi pembiaran.

“Aneh biasanya dalam kegiatan proyek pihak yang mengerjakannya selalu diawali dengan pemasangan plang proyek di titik nol pekerjaan,” kata Sarnubi.

Lanjut dia, plang proyek yang memang sudah dianggarkan dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB), yang memuat dinas atau instansi asal kegiatan, nama proyek, luas, nilai, sumber dana, hingga konsultan pengawan, hal tersebut agar masyarakat dapat mengetahui dan memantau kegiatan tersebut.

Baca Juga :   Diduga Korupsi Embung senilai Rp 643 Juta

“Kok para pihak yang mengerjakan jadi enggan memasang dan seharusnya pihak yang pemilik dan pengguna anggaran mengawasi,” kata dia.

Sarnubi menduga para pihak yang berkompeten dalam melakukan pengawasan tidak melakukan pengawasan dengan baik dan terkesan membiarkan.

“Jika dari awal saja hal  yang sangat sederhana seperti plang proyek pihak pekerja enggan memasang dan tidak transfaran tidak menutup kemungkinan dalam cara bekerja hingga kwalitas pekerjaan diragukan, dan kami akan selalu mengawasi memonitornya manakala terjadi kejanggalan, kamipun akan laporka ke aparat penegak hukum,” kata dia.

Baca Juga :   NU Minta Pesantren Tak Terprovokasi Teror Orang Gila

Sebelumnya ditemukan proyek tanpa plang ruas jalan Kampung Serupa Indah – Tajab, tepatnya yang dimulai dari SP-6C Kampung Negara Harja, Kecamatan Pakuan Ratu sampai dengan Kampung Setya Negara, dan pemeliharaan jalan ruas jalan Tajab – Adi Jaya, Kecamatan Negara Batin.(Ed)

Komentar

News Feed