oleh

PEMKAB WAYKANAN SOSIALISASIKAN PENGAWASAN PARTISIPATIF PEMILIHAN UMUM TAHUN 2019

 

Way Kanan Lampung, C-I-A.Nesw-pada pelaksanaan sosialisasi pengawasan parti sipasif pemolihan umum tahun 2019 bersama instansi pemerintah, toko masyarakat, toko agama, toko adat, dan toko prempuan sekabupaten Way Kanan yang di gelar di Aula PKK, 06 Desember 2019.

Dalam sambutan tertulis bupati kabupaten way lanan Raden Adipati Surya yang di bacakan sekretaris daerah saipul menyampaikan,” berdasarkan undang-undang kami pun berdiri, wujudkan harapan demokrasi, kobaran semangat. Kami tak kan terhenti, ayu awasi.” Sepenggal lirik mars bawaslu tersebut menjadi sepirit perjuangan pengawas pemilu dalam menjalankan tugasnya.

Menjaga hak pilih, serta integritas. Angota menjadi kewajiban bagi Bawaslu. Tugas dan wewenang penyelenggara telah di atur dalam undang-undang nomor 7 tahun 2017, tentang pemilu, mulai dari pasal 6 sampai dengan pasal 166.sedangkan dalam tahapan kampaye tahun 2019, ini mengacu pada.1.undang-undang nomor 07 tahun 2017 pasal 267 sampai dengan pasal.33,2 perbawaslu nomor 28 tahun 2018 tentang kampaye,3 pkpu nomor 23,28 dan di sempurnakan dalam pkpu nomor 33 tahun 2018 tentang kampaye,

Sukses peyelenggara pemilu ini, adalah tanggung jawab kita bersama karena kita adalah negara demokrasi, di mana setiap lima tahun sekali kita selalu melakukan pemilihan baik itu pelpres, pilkada, pemilihan DPRD dan DPD dan DPRD, sebagai aparatur sipil negara merupakan warga indonesia yang di berikan hak pilih, namun harus menjaga Netralitas sebagai Abdi negara.

Sebagai undang-undang nomor:07 tahun 2017 pasal 280 ayat 2, maka sudah seyogya ASN bersama Bawaslu dan KPU mensuksiskan hajat lima tahunan ini. Pemerinta Way Kanan selalu siap menjadi mitra.bawaslu dalam mensuķseskan pemilu di kabupaten way kanan. Bahkan telah di atur kusus dalam undang-undang nomor 07 tahun 2017 BAB xv pasal 434, di mana pemerinta wajib memberikan bantuan dan fasilitas sesui dengan ketentuan perundang-undangan bantuan dan fasolitas dari pemerinta daerah diantaranya, penugasan personel pada sekretaris ppk, panwaslu kecamatan,dan pps serta menyediakan pasilitasnya kelancaran teransfortasi pengiriman logestik, pemantauan kelancaran pemilu.

Pemerintah Way Kanan selalu siap mendukung bawaslu dan KPU Way Kanan dalam kelancaran pelaksanaan pemilu di kabupaten, saya berharap pada KPU dan bawaslu untuk bekerja sama secara maksimal, terutama bawaslu yang saat ini menjadi sorotan publk Karena masa kampaye ini, menjadi kerjaan berat bawaslu dalam mengawasi caleg DPRD Way Kanan. Caleg DPRD propinsi, DPRI, DPDRI, capres dan cawabpres”,terangnya. (mukti/Aryani.)

Komentar

News Feed