oleh

Bawaslu OKU Bakal Tertibkan APK Melanggar

Baturaja C-I-A.news- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten OKU akan melakukan penertiban terhadap sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) milik sejumlah calon legislatif (Caleg), yang terpasang di pohon-pohon dan tiang liatrik tak sesuai dengan ketentuan yang ada. Hal ini ditegaskan oleh Ketua Bawaslu OKU Dewantara Jaya SP didampingi Yeyen Andrizal SPd selaku Kordiv Penyegahan Hubal dan Humas Bawaslu OKU kepada wartawan. Senin (3/12).

“Berdasarkan hasil pengawasan kami dilapangan, kami mendapati sejumlah pelanggaran APK yang terpasang disejumlah titik yang tidak sesuai dengan ketentuan serta tidak sesuai dengan aturan Perda yang ada,” kata Yeyen kepada wartawan.
Dijelaskan Yeyen. Pihaknya sudah melayangkan surat himbauan kepada seluruh Parpol, tim pemenangan calon maupun tim pemenangan Capres dan Cawapres untuk melakukan kampanye sesuai aturan yang berlaku. Salah satunya untuk tidak memasang APK pada titik-titik yang dilarang dan tidak sesuai dengan aturan maupun Perda OKU.
“Surat himbauan sudah kami layangkan sejak 26 November yang lalau, namun dari hasil pengawasan kami di lapangan, kami menemukan sejumlah pelanggaran APK. Dan hari inibkami kembali melayangkan surat agar masing-masing Parpol, Caleg, maupun tim pemenangan untuk menertibkan sensiri APK yang tidak sesuai dengan aturan,” tegas Yeyen.
Sementara itu, Ketua Bawaslu OKU, Dewantara Jaya SP mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat akan menghelar rapat koordinasi bersama KPU, KPU OKU, Sat Pol PP, Dinas Perhubungan (Dishub), serta Polres OKU terkait rencana penertipan APK.
“Untuk penertiban sendiri, kami bersama tim gabungan akan segera berkoordinasi terkait adanya APK yang tidak sesuai aturan, termasuk APK berupa setiker citra diri Celeg yang terpasangan di angkutan umum,” timpal Dewantara menyambung penjelasan Yeyen Andrizal. (rly)

Komentar

News Feed